• Selamat Datang di Website Nick Natha

    Selamat Datang di Hypnoterapi

    Tentang Seluk Beluk Hypnoterapi

    TENTANG HIPNOTERAPI 

    Sebelum saya menjelaskan tentang Hipnoterapi perlu saya jelaskan terlebih dahulu mengenai Hipnosis dan apa hubunganya dengan Hipnotis yang berkembang di masyarakat.

    Menurut Definisi U.S. Dept. of Education, Human Services Division: “hypnosis is the by-pass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment acceptable selective thinking” kalau diartikan dalam bahasa Indonesia kurang lebih “hipnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran tertentu (sugesti).”

    TENTANG HIPNOTERAPI 

    Sebelum saya menjelaskan tentang Hipnoterapi perlu saya jelaskan terlebih dahulu mengenai Hipnosis dan apa hubunganya dengan Hipnotis yang berkembang di masyarakat.

    Menurut Definisi U.S. Dept. of Education, Human Services Division: “hypnosis is the by-pass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment acceptable selective thinking” kalau diartikan dalam bahasa Indonesia kurang lebih “hipnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran tertentu (sugesti).”

    Definisi secara umum Hipnosis adalah kondisi dimana pikiran kita sangat rileks. Kondisi ini setiap hari kita alami contohnya pada saat kita mengantuk tetapi kita masih mendengar suara-suara disekeliling kita atau kondisi pada saat kita bangun tidur, contoh lain adalah pada saat kita menonoton TV atau film dan kita terharu sampai menitikan air mata, kondisi tersebut juga disebut kondisi Hipnosis, kita terhipnosis oleh tayangan TV atau film tersebut.

    Kita lebih sering mendengar kata HIPNOTIS daripada HIPNOSIS, kalau begitu apa perbedaannya? Dan apa hubungannya dengan HIPNOTERAPI ?

    Hipnotis sebenarnya adalah orang yang melakukan atau membimbing orang lain atau dirinya sendiri untuk mengalami suatu kondisi Hipnosis, dengan demikian Hipnotis adalah orangnya sedangkan Hipnosis adalah kondisinya. Seperti halnya seorang pemain piano disebut “pianis” sedangkan bendanya disebut “piano”.

    Sementara Hipnoterapi adalah tehnik terapi yang dilakukan dalam kondisi Hipnosis dan dilakukan secara profesional dengan keahlian khusus oleh orang yang disebut Hipnoterapis.

    Untuk menjadi seorang Hipnoterapis dibutuhkan pendidikan khusus dan pengalaman melakukan terapi yang dilakukan sesuai dengan  protokol dan kode etik yang disusun secara khusus untuk menangani masalah klien.

    APA YANG TERJADI PADA SAAT KLIEN DITERAPI ?

    Banyak pendapat mengatakan kalau klien dihipnosis berarti klien tidak sadarkan diri artinya apa yang terjadi selama proses terapi klien tidak menyadari yang telah terjadi. Pendapat ini tentu kurang tepat, klien atau seseorang yang dihipnosis masih sadar dan pikiran bawah sadarnya masih aktif, jadi klien bisa menyadari proses terapi dari awal hingga akhir. Justru sebaliknya apabila klien tidak sadar atau tertidur maka proses terapi tidak bisa dilakukan karena klien dan Hipnoterapis tidak bisa berkomunikasi. Hipnoterapi membutuhkan kerjasama antara klien dan Hipnoterapisnya. Dalam proses terapi yang terjadi adalah Hipnoterapis menggali emosi yang menjadi akar masalah klien dalam kondisi hipnosis (rileks) dan mebantu klien untuk menetralkan emosi tersebut sehingga kedepannya klien memberi makna yang berbeda terhadap pengalaman traumatik yang pernah dialaminya.

    Suatu contoh ada klien yang mempunyai masalah tidak percaya diri, pada saat terapi ternyata akar masalahnya adalah pada saat klien masih anak-anak dia melihat ayahnya yang lagi marah-marah dan melempar helm sampai pecah, pada saat itulah tercipta suatu emosi takut, dan emosi ini berimbas pada tingkat kepercayaan diri klien sehingga klien selalu takut dan tidak percaya diri apabila ketemu orang yang baru dikenal apalagi klien merasa orang tersebut mempunyai tingkat pengetahuan diatasnya.

    Bagi klien saya, hal ini sangat mengganggu karena ini berhubungan dengan pekerjaanya sebagai seorang marketing yang mengharuskannya bertemu banyak orang. Setelah satu sesi terapi klien merasa percaya diri dan yang dulunya selalu gemetar bila mau bertemu dengan seseorang sekarang sudah biasa. Ini artinya melalui hipnoterapi klien mampu mengubah pemaknaan terhadap suatu peristiwa yang pernah dialaminya.

    PROSES TERAPI BERLANGSUNG MELALUI 3 TAHAP :

    Tahap pertama adalah wawancara dimana klien dan Hipnoterapis melakukan tanya jawab dalam tahap ini Hipnoterapis mencatat inti masalah yang terjadi pada klien sebagai bahan penunjang saat tahap selanjutnya. Disini klien bebas bertanya atau berkonsultasi dengan hipnoterapis, klien harus menceritakan sebenar-benarnya atas apa yang terjadi pada dirinya dan tidak ada yang disembunyikan atau dirahasiakan demi kesembuhan klien.

    Tahap kedua adalah  Penjelasan kepada klien tentang protokol terapi yang biasa kami sebut Qualifying Protocol Guide. Pada tahap ini klien diminta mendengarkan penjelasan hipnoterapis tentang apa saja yang harus diketahui klien sebelum terapi dan apa saja yang harus dilakukan saat terapi berlangsung. Untuk kesembuhan yang cepat klien harus mengerti dan menjalankan protokol-protokol yang diberikan oleh hipnoterapis. Tahap ini sangat menentukan keberhasilan dan efektifitas terapi.

    Tahap ketiga adalah terapi, sebelum terapi dilakukan hipnoterapis akan memberikan latihan-latihan masuk ke kondisi hipnosis dan setelah klien mengerti, terapi bisa dilanjutkan. Hipnoterapis akan membimbing klien masuk ke kondisi hipnosis atau kondisi relaksasi yang sangat dalam untuk menemukan akar masalah yang ada pada klien. Tahap ini sangat membutuhkan kerjasama klien agar proses terapi berjalan dengan baik.

    MENGAPA ANDA TIDAK PERLU KAWATIR DENGAN HIPNOTERAPI ?

    Mungkin bagi sebagian orang beranggapan pada saat terapi orang takut lepas kontrol diri sehingga klien akan melakukan hal-hal yang mempermalukan dirinya atau klien tidak sadar diperlakukan tidak baik oleh Hipnoterapisnya. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa klien akan menyadari apa yang terjadi saat terapi. Manusia mempunyai pikiran sadar dan pikiran bawah sadar, dalam hal ini hipnoterapis akan mengakses pikiran bawah sadar klien dengan syarat klien harus mengijinkannya, tanpa ijin dari klien hipnoterapis tidak akan bisa menerapi klien atau membawa klien masuk ke kondisi relaksasi yang dalam.

    Dalam pikiran bawah sadar terdapat 4 filter mental yang akan menjaga klien diantaranya:

      1. Filter keselamatan yang akan menjaga klien terhadap keselamatannya, misal seseorang yang dihipnosis dan diberi pisau untuk menusuk dirinya sendiri tidak akan bisa karena kita mempunyai filter keselamatan tersebut.
      2. Filter Moral/Agama yang akan menjaga klien dari tindakan-tindakan asusila, misalnya seseorang yang dihipnosis untuk membuka bajunya tidak akan mau karena bertentangan dengan filter Moral tersebut.
      3. Filter Benar atau Salah.
      4. Filter Masuk akal/tidak.

    Selain itu kami sebagai Hipnoterapis lulusan Adi W Gunawan Institute Of Mind Technology mempunyai aturan dan kode etik  yang diterapkan dalam menangani klien. Kerahasiaan klien pun sangat terjaga karena formulir pengisian hanya boleh diketahui oleh hipnoterapis dan klien itu sendiri.

    Pengertian Hypnoterapi

    Apa sesungguhnya hipnoterapi? Hipnoterapi adalah terapi yang dilakukan dalam keadaan hipnosis/kondisi bawah sadar dan kemudian dilakukan teknik teknik terapi untuk menyelesaikan masalah yang dialami klien.

    Apa sesungguhnya pikiran bawah sadar itu? Pikiran bawah sadar adalah pikiran kita yang kekuatannya 8 x lebih kuat dibandingkan pikiran sadar.

    Apa sesungguhnya hipnoterapi? Hipnoterapi adalah terapi yang dilakukan dalam keadaan hipnosis/kondisi bawah sadar dan kemudian dilakukan teknik teknik terapi untuk menyelesaikan masalah yang dialami klien.

    Apa sesungguhnya pikiran bawah sadar itu? Pikiran bawah sadar adalah pikiran kita yang kekuatannya 8 x lebih kuat dibandingkan pikiran sadar.

    Contoh begini:
    Ketika anda sedang makan, temen anda cerita tentang bagaimana ketika dia ke wc dia MELIHAT ada tahi manusia yang belum disiram dengan warnanya yang hitam kekuning kuningan dan besar serta BAU- nya luar biasa. Nah ketika anda sedang makan, anda tidak bisa meneruskan makanan anda karena anda merasa jijik dengan cerita temen anda.
    Itulah kekuatan bawah sadar, temen anda hanya cerita yang anda tidak lihat sendiri, tapi anda dengan tiba tiba bisa tidak jadi makan makanan anda.

    Atau pernahkah anda dengar orang yang bisa lari cepat ketika sedang dikejar anjing? Padahal sebelumnya dia ga bisa lari cepat? Itu juga adalah contoh bagaimana kekuatan bawah sadar.

    Dalam hipnoterapi kita memanfaatkan kekuatan tersebut untuk menyembuhkan, memulihkan orang yang mengalami gangguan mental atau gangguan kejiwaan atau memiliki masalah yang berhubungan dengan emosi atau pikiran.

    Jadi sebenarnya pikiran bawah sadar adalah alamiah yang disediakan Tuhan bagi kita dan bukan berarti kita mempunyai kekuatan lain diluar Tuhan

    Diakui pemberitaan hipnotis dan acara acara hipnotis menjadi semacam pedang bermata dua. Disatu sisi menaikkan image di masyarakat bagaimana kekuatan pikiran bawah sadar , dan disisi ke 2 bagaimana hal ini juga menimbulkan stigma/pandangan negatif dari masyarakat terhadap hipnotis.

    Mari kita bicarakan tentang persepsi yang sering muncul di masyarakat:

    1. Hipnoterapi itu sama dengan tidur

    Jelas ini salah besar karena sebenarnya bukan tidur. Ini semua hanyalah masalah persepsi. Coba sekarang anda lihat sekeliling anda, dan mungkin anda melihat ada orang yang tutup mata dan kemudian anda berpikir : “Oh orang ini tidur”. Setelah anda dekati ternyata tidak, dia lagi pusing dengan masalahnya dan memutuskan tutup mata dan rileks. Itulah persepsi yang sering menipu kita. Jadi ketika anda melihat ada orang tutup mata bukan berarti dia tidur. Sama dengan hipnoterapi, klien tutup mata lebih karena supaya bisa lebih bisa konsentrasi selama proses terapi.

    2. Hipnoterapi itu klien tidak berdaya dan nurut sama perintah penghipnotisnya

    Jelas juga bukan seperti itu. Hipnoterapi itu selama prosesnya anda tetap sadar dan bisa mendengar, berbicara dan juga bergerak. Jadi ketika ada sugesti yang masuk yang tidak mau anda terima atau karena sugesti itu bertentangan dengan nilai dan norma yang anda punyai, maka anda juga tidak akan melakukannya.  Lalu kenapa yang ditelevisi bisa melakukan apa yang diperintahan?

    Karena mereka mau, maka mereka melakukannya. Sepanjang hal itu tidak membayakan dirinya maka orang yang di tv itu akan mau melakukannya. Jadi sebenarnya memang sudah ada NIAT mau melakukannya. Kalau ga ada kemauan dan niat ga aka ada orang yang bersedia.

    3. Hipnoterapi bisa digunakan untuk interogasi/ membongkar rahasia pribadi

    Seringkali saya dapat pertanyaan :” Pak, kami punya karyawan yang menurut kami dia mencuri uang perusahaan, dia mengaku ga melakukannya, tapi kami juga tidak percaya. Bisa ga pak , kalau dihipnotis karyawan ini biar ketauan dia bohong atau gak?’ atau

    “Pak , saya pengen tahu apakah pasangan saya ini sudah selingkuh dan kalau sudah selingkuh sudah berapa kali dia melakukan hubungan seksualnya”

    dan semacamnya. Intinya adalah mereka menganggap bahwa hipnoterapi bisa menginterogasi orang di bawah sadar. Jelas bukan! itu hanya ada di tontonan televisi, dalam kenyatannya itu tidak bisa dilakukan.  Anda mau berkunjung ke hipnoterapis manapun di Indonesia, ya akan sama aja. Karena hipnoterapi pada dasarnya bukan berarti seperti ngomong ga sadar seperti yang kita lihat di televisi

    4.  Hipnoterapi menggunakan kuasa kegelapan atau musrik

    Sama sekali tidak ada kaitannya dengan kuasa kegelapan, karena selama proses anda tidak disuruh yang macam macam. Dan juga untuk dapat menghipnosis orang hanya cukup belajar teknik induksi , ga perlu bertapa, ga perlu puasa, tidak perlu pantang apapun. Jadi ini bener bener murni mengoptimalkan kemampuan yang telah diberikan Tuhan pada kita untuk kebaikan diri kita sendiri

    5. Hipnoterapi bisa menghilangkan ingatan

    Banyak pertanyaan seperti ini:

    “Pak , apakah hipnoterapi bisa membantu saya melupakan mantan pacar saya. Saya dibuat lupa punya hubungan dengan dia.”

    ” Saya capek dengan sakit saya, bisakah saya dibuat lupa saya tidak punya sakit ini?” dll

    Hipnoterapi bukan brainwash, jadi hipnoterapi tidak akan bisa membuat anda hilang ingatan. Ingatan tidak akan hilang tapi hanya “tidur” karena orang amnesia pun sebenarnya masih bisa dibangunkan ingatannya. Jadi yang dilakukan hipnoterapi jika anda mempunyai masalah luka batin atau sakit hati dan sejenisnya, adalah dengan melepaskan semua perasaan yang “terperangkap” di bawah sadar. Dengan dilepaskan dan kemudian memaknai ulang peristiwa maka anda akan merasa lebih netral terhadap peristiwa atau mantan pacar/pasangan.  Lebih jelasnya di mengatasi sakit hati

    Semoga hal ini bisa membuat kita lebih mengerti apa itu hipnoterapi

    Berita Terbaru

    Ikuti Kami

    Jalan Ratna 36 Sumerta Kauh Kecamatan Denpasar Timur

    Copyright © 2019 Nick Natha. All Rights Reserved.